Our Kitchen Stories

Senin, 14 Maret 2011

Gurame Bakar Bumbu Bali

Aslinya aku ga' suka ikan air tawar, ntah kenapa tiap nyicipin ikan air tawar kok berasa makan tanah hehehe...Tapi setelah nyobain yang namanya olahan ikan gurame bau tanahnya udah ga' berasa lagi jadii saat itu juga memberanikan diri masak ikan gurame sendiri hehehe..

Tau olahan Gurame Bakar pake bumbu bali gini sebenernya pas bulan February kemaren, saat ada ultah temen dan kita diajakin makan2 di Saung J**i daerah kalimalang sana dan ada menu ini..jadilah kita pesen, rasanya enaaaak.. manis, pedes, asin, asem nyampur jadi satu.. Pas kita pesen lagi untuk kedua kalinya dengan embel2 "jangan lama-lama ya mas" eh sama masnya malah dijawab "emang mau makan ikan mentah ini kan kalo dibakar lama" yeeee bener2 deh nih orang pengen kusambit pake batok kelapa, ilfil jadinya ma tuh orang mo makan kesana lagi jadi males..*curcol*

Nah minggu kemaren, kebetulan di tukang sayur ada ikan Guramenya jadi deh nyobain 1 ekor doang trus nyuruh abang2nya bersihin sekalian dibelah separoh.. dan ini jadinya..Resep ngasal yang penting rasanya sama hehehehe...


Bahan :
- 1 ekor ikan Gurame, bersihkan sisik dan insang ikan sebersih bersihnya dan kotoran dalemnya kemudian belah jadi 2 tapi satu sisi jangan sampe putus.
- 1/2 bh jeruk lemon, ambil airnya
- 1/2 ruas Kunyit, diparut

Bumbu yang dihaluskan : 
- 3 buah cabe merah besar
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah

Bumbu Tambahan : 
- 1 sdm saos tomat (kira2 sendiri takarannya)
- 1 sdm saos sambel (kira2 sendiri takarannya)
- kecap manis (kira2 sendiri takarannya)
- Garam
- Gula (sedikit)

Cara membuat :
1. Setelah ikan gurami dibersihkan lumuri dengan perasan jeruk lemon, garam dan parutan kunyit..diamkan sampai kira-kira 30 menit.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan  saos tomat, saos sambel, kecap manis, gula dan garam.. aduk rata sambil sesekali dicicipi rasanya (kalo dirasa masih belom pas rasanya tinggal tambahin sendiri ya..)
3. Cuci bersih gurame (lagi) kemudian masukkan dalam panggangan kawat, panggang ikan (diatas bara arang) sebentar sampai setengah matang dan tidak berair, kemudian oles semua sisi ikan dengan bumbu, bakar lagi sampai ikan dan bumbu matang (tentunya sambil dibolak balik biar matengnya rata) hehehe..:)

Tinggal nambahin nasi anget atau nasi liwet sama sayur lalapannya...slurrrp *makannya gelar tiker dibawah pohon mangga*

** Tips : 
1. Ngeliat dari pengalaman kemaren, biar guramenya ga' bau tanah.. bersihkan sisik dan insangnya sebersih2nya. Air perasan jeruk lemon (nipis juga bisa) dan parutan kunyit juga bisa menghilangkan bau tanah.
2. Biar ikan ga' lengket di kawat pemanggangnya sebelumnya olesi dengan margarin..

Selamat Mencoba

7 komentar:

  1. Paling sebel jika sudah repot2 masak masih bau tanah.
    Trims resepnya, mbak. Pokoknya kalo pengen masak-masak wajib ubek2 blog ini, deh.
    Btw, belajar food fotography, ya? Bagus-bagus fotonya.

    BalasHapus
  2. waduh makasih mbak Susi, dulu pernah belajar waktu masih kuliah tapi kalo soal food photography belajarnya otodidak hehehe..

    BalasHapus
  3. wah..aku mau nyoba bikin, soalnya biasanya cuman bakar kecap doank

    BalasHapus
  4. Mo praktek ah di rumah nih, Nel...

    BalasHapus
  5. Buat makesure ikannya gak bau tanah, ikannya dipelihara dulu di air bersih slama 1-2 hari, pasti bau lumpurnya ilang.....

    BalasHapus
  6. jadi salah satu blog referensi masakannku, trimakasih....

    BalasHapus

Senin, 14 Maret 2011

Gurame Bakar Bumbu Bali

Aslinya aku ga' suka ikan air tawar, ntah kenapa tiap nyicipin ikan air tawar kok berasa makan tanah hehehe...Tapi setelah nyobain yang namanya olahan ikan gurame bau tanahnya udah ga' berasa lagi jadii saat itu juga memberanikan diri masak ikan gurame sendiri hehehe..

Tau olahan Gurame Bakar pake bumbu bali gini sebenernya pas bulan February kemaren, saat ada ultah temen dan kita diajakin makan2 di Saung J**i daerah kalimalang sana dan ada menu ini..jadilah kita pesen, rasanya enaaaak.. manis, pedes, asin, asem nyampur jadi satu.. Pas kita pesen lagi untuk kedua kalinya dengan embel2 "jangan lama-lama ya mas" eh sama masnya malah dijawab "emang mau makan ikan mentah ini kan kalo dibakar lama" yeeee bener2 deh nih orang pengen kusambit pake batok kelapa, ilfil jadinya ma tuh orang mo makan kesana lagi jadi males..*curcol*

Nah minggu kemaren, kebetulan di tukang sayur ada ikan Guramenya jadi deh nyobain 1 ekor doang trus nyuruh abang2nya bersihin sekalian dibelah separoh.. dan ini jadinya..Resep ngasal yang penting rasanya sama hehehehe...


Bahan :
- 1 ekor ikan Gurame, bersihkan sisik dan insang ikan sebersih bersihnya dan kotoran dalemnya kemudian belah jadi 2 tapi satu sisi jangan sampe putus.
- 1/2 bh jeruk lemon, ambil airnya
- 1/2 ruas Kunyit, diparut

Bumbu yang dihaluskan : 
- 3 buah cabe merah besar
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah

Bumbu Tambahan : 
- 1 sdm saos tomat (kira2 sendiri takarannya)
- 1 sdm saos sambel (kira2 sendiri takarannya)
- kecap manis (kira2 sendiri takarannya)
- Garam
- Gula (sedikit)

Cara membuat :
1. Setelah ikan gurami dibersihkan lumuri dengan perasan jeruk lemon, garam dan parutan kunyit..diamkan sampai kira-kira 30 menit.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan  saos tomat, saos sambel, kecap manis, gula dan garam.. aduk rata sambil sesekali dicicipi rasanya (kalo dirasa masih belom pas rasanya tinggal tambahin sendiri ya..)
3. Cuci bersih gurame (lagi) kemudian masukkan dalam panggangan kawat, panggang ikan (diatas bara arang) sebentar sampai setengah matang dan tidak berair, kemudian oles semua sisi ikan dengan bumbu, bakar lagi sampai ikan dan bumbu matang (tentunya sambil dibolak balik biar matengnya rata) hehehe..:)

Tinggal nambahin nasi anget atau nasi liwet sama sayur lalapannya...slurrrp *makannya gelar tiker dibawah pohon mangga*

** Tips : 
1. Ngeliat dari pengalaman kemaren, biar guramenya ga' bau tanah.. bersihkan sisik dan insangnya sebersih2nya. Air perasan jeruk lemon (nipis juga bisa) dan parutan kunyit juga bisa menghilangkan bau tanah.
2. Biar ikan ga' lengket di kawat pemanggangnya sebelumnya olesi dengan margarin..

Selamat Mencoba

7 komentar:

  1. Paling sebel jika sudah repot2 masak masih bau tanah.
    Trims resepnya, mbak. Pokoknya kalo pengen masak-masak wajib ubek2 blog ini, deh.
    Btw, belajar food fotography, ya? Bagus-bagus fotonya.

    BalasHapus
  2. waduh makasih mbak Susi, dulu pernah belajar waktu masih kuliah tapi kalo soal food photography belajarnya otodidak hehehe..

    BalasHapus
  3. wah..aku mau nyoba bikin, soalnya biasanya cuman bakar kecap doank

    BalasHapus
  4. Mo praktek ah di rumah nih, Nel...

    BalasHapus
  5. Buat makesure ikannya gak bau tanah, ikannya dipelihara dulu di air bersih slama 1-2 hari, pasti bau lumpurnya ilang.....

    BalasHapus
  6. jadi salah satu blog referensi masakannku, trimakasih....

    BalasHapus

© 2011 Sae Salera , AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena